Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

pengertian menurut para ahli, macam-macam pada animasi

 

Apa Itu Pengertian Animasi?

Selama dalam kehidupan sehari-hari selama ini, kita tidak pernah lepas dari beberapa objek yang bersifat animasi itu baik itu dalam bentuk gambar maupun video filem kartun anak-anak, filem movie dan lainnya tanpa kita sadari selama ini. Kalian tahu, bahwa pengertian animasi ini yaitu sebuah gambar yang bergerak dan membuat objeknya seolah-olah hidup sehingga setiap orang yang melihatnya akan meganggap hal tersebut nyata.

Adapun juga pengertian animasi itu sendiri adalah suatu disiplin ilmu yang memadukan unsur seni dengan teknologi yang menghasilkan efek pergerakan, ditampilkan secara berurutan dalam waktu yang relative cepat sehingga menjadi gambar yang bergerak dan bercerita.

Pengertian Animasi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pendapat pengertian tentang animasi menurut para ahli yaitu seperti:

·         Menurut Saeba (2008:223), menyatakan bahwa animasi merupakan kumpulan image sekuensial (berurutan) yang menyatakan pergerakan, dimana image tersebut ditampilkan secara berurutan dalam waktu yang relative cepat.

·         Menurut Pramudia. Dkk (2016:27), menyatakan bahwa animasi merupakan film yang berasal dari gambar-gambar yang diolah sedemikian hingga menjadi gambar yang bergerak dan bercerita.

·         Menurut Soenyoto (2017:1), menyatakan bahwa animasi pada dasarnya adalah suatu disiplin ilmu yang memadukan unsur seni dengan teknologi.

·         Menurut Munir (2013:317), menyatakan bahwa animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakan benda mati, satu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup.

 

Macam-Macam Pada Animasi

Suatu animasi mempunyai beberapa macam atau sifat-sifat tertentu menurut Munir (2013:320) yaitu antara lain sebagai berikut:

·         Animasi Sel (Cell Animation)

Sel animasi adalah sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masig objek yang bergerak secara mandiri diatas latar belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambarkan kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan.

·         Animasi Frame (Frame Animation)

Animasi frame adalah bentuk animasi yang paling sederhana. Animasi ini menampilkan rangkaian gambar yang berurutan atau bergantian di unjukkan secara tepat. Pergantian gambar ini diukur dalam satuan FPS (Frame Per Second). Antara gambar sati (frame satu) dengan gambar lain (frame lain) berbeda.

·         Animasi Sprite (Sprite Animation)

Animasi sprite yaitu objek yang di letakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar FPS yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pad masing-masing objek sprite. Setiap objek animasi disebut "sprite".

·         Animasi Lintasan (Path Animation)

Animasi lintasan adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.

·         Animasi Spline

Animasi spline adalah reprentasi matematis dari kurva. Bila objek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, tetapi mengikuti garis lingkaran yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi hitungan matematis.

·         Animasi Vektor (Vector Animation)

Animasi vector ini mirip sekali dengan animasi sprite, perbedaannya hanya terletak pada gambar yang digunakan dalam objek sprite.

·         Animasi Karakter (Character Animation)

Animasi karakter seperti dalam film kartun berbasis 3 dimensi, oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D. gerakan hierarkis mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang sama untuk membbuat animasi tunggal dan bitmap mudah.

·         Computation Animation

Computation Animation ini menggerakkan suatu layar kata di layar monitor dengan cara membuat serangkaian frame yang menunjukknna jalannya kata di layar, yang tiap tiap frame mewakili satu moment dalam satu waktu selama kata itu bergerak.

·         Morphing

Morphing adalah mengubah suatu bentuk menjadi bentuk lai dengan menampilkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan begitu bentuk pertama merubah dirinya menjadi bentuk lain.

·         Animasi Clay

Animasi clay ini juga disebut sebagai animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang di gerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka tersebut difoto secara berurutan

·         Animasi Digital

Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi.

1 comment for "pengertian menurut para ahli, macam-macam pada animasi"

zahravony 6 February 2023 at 23:33 Delete Comment
materi yang dirangkum sangat membanti