Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN TENTANG CACTI


Apa Itu Pengertian Tentang CACTI

CACTI adalah salah satu software yang digunakan untuk keperluan monitoring yang banyak digunakan saat ini. Cacti menyimpan semua data / informasi yang diperlukan untuk membuat grafik dan mengumpulkannya dengan database MySQL. Untuk menjalankan cacti diperlukan software pendukung seperti MySQLPHPRRDToolnet-snmp, dan sebuah webserver yang support PHP seperti Apache atau IIS. 

Cacti merupakan sebuah software MRTG (Multi Router Traffic Grapher) web based yang menjadi solusi komplit untuk network graphing yang memanfaatkan penyimpanan data RRDTool dan fungsi grafik. Pada umumnya cacti digunakan untuk menampilkan graph dari suatu jaringan kebanyakan parameter bandwitdh used yang di-graph. Tak hanya itu cacti juga bisa menampilkan parameter “ping”, uptime dari sebuah hardware (misalnya server, router, access point, dll).

CACTI menyediakan kemampuan data yang cepat, pola grafik advance, metoda perolehan multiple data dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secar inklusif, sebuah interface yang mudah digunakan dan mudah dipahami untuk Local Area Network yang komplek dengan ratusan device.


CACTI adalah satu aplikasi open source yang merupakan solusi  pembuatan grafik network yang lengkap yang didesign untuk memanfaatkan kemampuan fungsi RRDTool sebagai  peyimpanan data dan pembuatan grafik.

Cacti menyediakan pengumpulan data yang cepat, pola grafik advanced, metoda perolehan multiple data, dan fitur pengelolaan user. Semuanya dikemas secara intuitif, sebuah interface yang mudah digunakan  mudah dipahami untuk local area network hingga network yang kompleks dengan ratusan device. Dengan menggunakan cacti kita dapat memonitor trafik yang mengalir pada sebuah server.

Jika menginstall cacti pada sistem anda, sebaiknya diketahui bahwa paket-paket berikut merupakan paket yang harus ada pada sistem :

a.Apache 2 sebagai web server  dan php support

b.mysql server dan  php support.

c.RRDTool.

d.CACTI (latest version) 

 

Fitur Yang Pada CACTI

Berikut ini adalah beberapa contoh fitur yang ada pada CACTI yaitu:

 a.Memory Usage berfungsi untuk mengetahui memory yang dipakai oleh server, seberapa besar memory dari server tersebut terpakai.

b.Logged in user berfungsi untuk mengetahui dari user yang terhubung kepada server tersebut.

c.Processor berfungsi untuk mengetahui processor dari server tersebut.

 

Fitur-fitur cacti yang didapatkan sebagai berikut :

 1.Jumlah  graph itern yang tidak terhingga, dapat didefinisikan untuk setiap graph secara optional dengan menggunakan CDEF atau data source dari Cacti.

2.Mendukung semua tipe graph dari RRDTools, termasuk ARXAq STACK LINEU--31, GPRINT, COMMENT, VRULE, dan HRULE.

3.Data source dapat dibuat dengan memanfaatkan fungsi "create" dan "update", yang terdapat pada RRDTool's.

4.Mendukung file RRD dengan lebih dari satu data source, dan dapat menggunakan sebuah RRD file yang disimpan di mana saja dalam suatu local fiIe system.

5.Memiliki tree view yang memudahkan user untuk membuat graph hierarchies, dan meletakkan graph dalam suatu tree.

 6.Memiliki manajemen berbasis user, yang memudahkan administrator untuk menciptakan user, dan memberikan tipe permission yang berbeda antaruser.

 

Prinsip operasi pada CACTI

a.Prinsip operasi pada Cacti adalah sebagai berikut: Table of ContentsData RetrievalData Storage dan Data Presentation

b.Operasi Cacti dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

 1.Data Retrieval yaitu hal pertama yang dilakukan oleh Cacti adalah mengumpulkan data. Data dikumpukan dengan Poller yang dieksekusi oleh Operating System. Interval pengumpulan data atau dengan kata lain eksekusi Poller dapat kita atur melalui fasilitas penjadwalan ayang tersedia di Operating System crontab.                                                                         

2.Data Storage yaitu data yang telah dikumpulkan oleh Poller, selanjutnya akan disimpan secara teratur di bawah /rra. Untuk proses ini, cacti menggunakan Round Robin Database (RRD) dimana data akan ditata dalam urutan waktu (time-series). Data yang dapat berupa trafik jaringan, suhu mesin, server load averagemounting load dan lainnya berbentuk file berekstensi .rra dan selanjutnya siap dipresentasikan dalam bentuk grafik.

3. Data Presentation yaitu keutamaan penggunaan RRDtool adalah fungsi grafiknya. Data-data yang tertata dalam  akan di presentasikan dalam grafik dan ditampilkan oleh webserver yang kita gunakan. Cacti juga menyediakan halaman pengaturan grafik untuk memudahkan kita memanajemen gambar-gambar yang ingin kita tampilkan serta cara menampilkannya.


Persyaratan Pada CACTI

Untuk menerapkan sistem monitoring cacti ini, perlu diperhatikan untuk menginstal paket berikut :

 RRDTool, Httpd / apache, Php, php-mysql,  php-snmp, mysql, mysql-server dan net-snmp

Jika salah satu atau lebih paket dalam daftar diatas belum ada, maka terlebih dahulu harus menginstal/menambahkan paket tersebut. Dalam beberapa kasus yang saya alami, instalasi paket2 diatas akan sedikit merepotkan, berkaitan dengan dependensi paket-paketnya.

 

Keunggunlan CACTI

Berikut ini adalah beberapa contoh keunggulan pada CACTI yaitu:

a.Boost : untuk meningkatkan performance Cacti.

b.Clog : untuk menambah tab untuk melihat log Cacti.

c.Discovery : auto discovery untuk mendetekai snmp dari perangkat pada jaringan komputer diluar subnet yang ada.

d.Docs : untuk membuat dokumen2 didalam Cacti.

f.Flowviewer : viewer untuk melihat aliran data yang dicapture oleh netflow pada router cisco

 

Kelebihan Cacti via plugin

Berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan pada cacti via plugin yaitu:

a.Host info yaitu menampilkan informasi tentang versi server Cacti

b.Login Mod yaitu untuk mengubah tampilan halaman login Cacti

c.Mac Track yaitu melacak MAC Address dan Port pada perangkat yang menaktifkan snmp.

d.Monitor yaitu memonitor kondisi up/down dari perangkat yang dimonitor, juga disertai alert suara

 

Kelebihan Cacti via plugin (cont’d)

Berikut ini adalah beberapa contoh kelebihan pada cacti via plugin(cont’d) yaitu:

a.Ntop : menampilkan aplikasi Ntop pada tab Cacti.

b.Realtime : menampilkan grafik cacti secara realtime setiap 5 detik

c.Router Configs : membackup dan menampilkan konfigurasi router.

d.Settings : seting dan konfigurasi cacti.

e.SSL : mengakses cacti dengan SSL.

f.Tools : tool untuk mengecek service HTTP, FTP, POP3 dan SMTP.

g.Update : menampilakn semua plugin yang terinstall dan untuk cek update terbaru.

h.Thold : menampilkan up down dari host.

Syslog : menampilkan syslog database cacti

 

Komponen Utama Pada CACTI

Berikut ini adalah beberapa contoh komponen utama pada CACTI yaitu

 a.Data Sources yaitu untuk menghandel pengumpulan data, dapat membuat eksternal script atau command yang akan diperlukan untuk dipilih, CACTI kemudian mengumpulkan melalui cronjob dan menyimpan nya kedalam database atau round robin archives.

Data sources dapat juga dibuat, yang berkoresponden dengan data sebenarnya dalam grafik. Sebagai contoh jika anda ingin membuat garfik ping time kesuatu host, lalu harus membuat data sources memanfaatkan skrip yang mengping suatu host yang menghasilkan nilai dalam miliseconds. 

Setelah mendefinisikan option untuk RRDtool sebagaimana menyimpan data untuk mendefinisikan informasi tambahan yang dibutuhkan oleh data input. Seperti host yang akan diping dalam hal ini. Setelah data source dbuat, lalu akan di maintain setiap 5 menit secara otomatis.

b.Graphs yaitu sebuah grafik Rrdtool dapat dibuat menggunakan data tersebut. CACTI memungkinkan untuk membuat hampir setiap garfik Rrdtool yang dapat digambarkan. Menggunakan hampir setiap standar Rrdtool garik tipe dan fungsi gabungan. Suatu area pemilihan warna, dan fungsi pengisian text otomatis juga membantu dalam pembuatan grafik agar proses pembuatan garfik lebih mudah.

Tidak hanya bisa membuat grafik RRDtool based di CACTI, tetapi banyak cara untuk menampilkan garfik. Selain dengan standar “list view” dan “preview mode” yang meyerupai RRDtool frontend untuk semua, ada “tree view” yang memungkinkan untuk menaruh grafik-grafik kesuatu tree yang hirarkis untuk tujuan pengelompokan.

c.User Management yaitu karena banyak fungsi CACTI, sebuah user management tool builtin dibuat supaya dapat menambahkan para user dan memberikan mereka hak-hak untuk bagian-bagian tertehtu dari CACTI. Ini akan memungkinkan seseorang untuk membuat beberapa garfik, sedangkan yang lain nya hanya bisa melihat grafik. Masing-masing user juga dapat memaintain setingan mereka sendiri ketika login untuk melihat grafik.

 d.Templating pada CACTI dapat diskalakan menjadi jumlah besar source data melalui penggunaan template. Hal ini memungkinkan pembuatan sebuah grafik atau data source tang berhubungan dengan nya. Template host memungkinkan untuk menggambarkan kemampuan dari suatu host maka CACTI dapat menggunakan untuk informasi atas penambahan suatu host yang baru.

Dari yang telah dipaparkan CATI memang cukup powerfull untuk sebuah traffic monitoring dan memungkinkan setiap client memiliki user dan bisa melihat grafik sendiri serta memungkinkan membuat sebuah monitoring traffic yang terintegrasi baik secara skrip atau snmp.  Untuk penggunaan lebih jauh menggambungkan CACTI dengan sofware atau skrip lain akan membaut  CACTI menjadi lebih menarik. Contohnya saja jika digabungkan dengan pmacct.

 

 

 

 

3 comments for "PENGERTIAN TENTANG CACTI"

zahravony 4 November 2019 at 22:06 Delete Comment
@sandy cheeks terima kasih kak
bagholljr 27 January 2020 at 19:20 Delete Comment
Makasih gann
Satoshi Fujihara 7 November 2021 at 23:40 Delete Comment
Tahukah kamu fashion jepang yang sedang berkembang dan diminati oleh banyak remaja? Berikut merupakan artikel tentang harajuku