Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata pantai terpopuler Kepulauan Bangka Belitung


apakah kalian tahu, bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau terkenal dengan sebutannya babel adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari pulau utama  yaitu pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta ratusan pulau-pulau kecil yang ada disekitarnya. kepulauan bangka belitung ini terletak disebelah provinsi sumatra selatan atau terkenal dengan singkatannya yaitu sumsel. pada kepulauan bangka belitung ini sangat terkenal dengan timahnya, selain terkenal timahnya kepulauan bangka belitung itu terkenal dengan pantai juga lho. walaupun saya pernah mengunjungi beberapa pantai yang ada dibangka, tapi ternyata suasana dipantai yang pernah saya kunjungi itu bagus banget kalah sama diphoto kalau lihat langsung. Berikut ini adalah beberapa wisata pantai yang terpopuler dikepulauan bangka belitung yaitu:

a.Pantai Tikus

Dengan indah warna pantai ini, ada sebuah Vihara bersanding dengan pancaran warna biru dari laut menampilkan pemandangan yang tidak biasa. Nama pantai Tikus ini dikabarnya karena di sekitar pantai banyak jalan tikus alias jalan setapak yang konon kabarnya digunakan oleh penambang timah gelab untuk membawa hasil tambangnya ke tepian pantai. Selain itu, ada juga yang menyebutkan kalau dahulu di area pantai ini terdapat banyak tikus berkeliaran.


Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap untuk pantai yang tergolong baru. Fasilitas yang disediakan berupa olahraga air, pantai, flying fox, sampai berkemah bisa dilakukan dipantai tikus ini.

alamat: Parit Padang, Sungai Liat Kabupaten Bangka, kepulauan bangka belitung, 33211.

b.Pulau Lengkuas

Pantai ini terletak disebelah utara pantai tanjung kelayang. Pantai ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi pulau belitung. Perjalanan menuju pulau lengkuas bisa ditempuh dengan cara menyewa perahu nelayan. Lama perjalanan sekitar 20 menit dari tanjung kelayang dan selama 30-45 menit dari tanjung bunga atau tanjung tinggi.


Mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 berdiri kokoh di pulau lengkuas. Hal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan. Meski usianya lebih dari 150 tahun, Mercusuar pulau lengkuas masih berfungi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yan berada disekitar pulau belitung.

alamatsebelah utara pantai tanjung kelayang (tempat menyewa perahu menuju pulau lengkuas)

c.Pantai Parai Tenggiri

Ketika melihat pantai ini, banyak batu karang besar ditambah putihnya pasir membuat kita terpesona dengan pandangan pertama. Sebuah pantai yang tersembunyi yang terletak di Desa Sinar Biru, Kecematan Sungai Liat Kabupaten Bangka Belitung. Kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil menjadikan pantai parai tenggiri destinasi andalan di bangka belitung.


Primadona pantai dibangka belitung ini termasuk dalam daftar pantai termahal dan tercantik dideretan timur pulau bangka. Pantai menyiapkan beberapa fasilitas yang siap dimanjakan untuk para wisatawan yaitu penyewaan perahu panjing, banana boat, alat selam dan sudah tersedia beberapa penginapan dana hotel berbintang empat. Kawasan pantai ini ditetapkan sebagai wisata hijau karena sangat pedulinya pengelola terhadap perncemaran yang sering terjadi dipantai.

alamat: sinar baru, sungai liat, kabupaten bangka, kepulauan bangka belitung.

d.Pantai Tongaci

Pantai ini berlokasi sekitar tiga kilometer dari jalan raya sungailiat, belinyu. Pantai itu kawasan rekreasi dan juga dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Bedanya dengan pantai di pulau bangka lainnya yaitu yang dihiasi banyak batuan granit.


Pantai ini menyediakan penginapan, jadi kamu bisa menginap diberbagai hotel seperti Batavia Resort. Tampat wisata ini mnyediakan tempat berfoto ria di De Locomotief yang merupakan area yang terkenal dengan dekorasi artistik miliknya. De Locomotief berada tepat diarea plaza Museum Garuda. Di Museum Garuda sendiri kita bisa menjumpai koleksi artefak tembikar, buku-buku serta dokumentasi yang telah ratusan tahun.

alamat: kampung pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, 33211.

e.Pantai Penyusuk

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cantik yang berada di Kecematan Belinyu. Lokasinya yang trategis menjadikan pusat island hopping ke pulau Putri dan Pulau Lampu. Posisi pantai penyusuk yang berada dibagian utara Pulang bangka membuat pantai ini jug asik dijadikan spot untuk berburu sunset.


pantai penyusuk ini memiliki dua sisi bibir pantai dengan kedalaman yang berbeda. Bibir pantai yang tenang ditandai dengan berlabuhnya kapal-kapal kecil milik nelayan, sebaliknya bagian sisi pantai yang lebih dalam memiliki ombak yang cukup garang.

alamat: jalam Pneyusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, 3253.


f.Pantai pasir padi

pantai pasir padi merupakan salah satu pantai yang ada dipulau Bangka. untuk pantai ini menghadap langsung ke Laut Natuna. memiliki garis pantai sepanjang 100 hingga 300 meter dengan ombak yang tenang, warna pasarnya yang putih dan padat. 


alamatnya: Jl. Raya Pasir Padi, Air itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepualaun Bangka belitung.

g. Pantai Tanjung Tinggi

pantai ini adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung yaitu tanjung kelayang dan tanjung pendam. nama tanjung tinggi ini diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai memiliki bebatuan yang tinggi. pantai ini pernah menjadi tempat syuting filem laskar pelangi. pantai ini memiliki panorama yang begitu cantik, dengan berbentuk lekukan busur derajat yang dengan diameter kira-kira 100 meter dengan susunan batu-batuan granit yang ada didua sisi pantai ini. 


alamat: di kecematan sijuk, kabupaten belitung, bangka belitung. terletak di sebelah utara pulai belitung, jaraknya 37km dari pusat kota tanjungpandan.

h.Pantai Tanjung Pendam

untuk pantai ini sudah sangat terkenal oleh kalangan masyarakat dikota bangka maupun kepulauan bangka belitung lho. dengan letak pantai tanjung pendam ini menjadi sasaran kunjungan masyarakat bangka belitung untuk menikmati matahari terbit dan matahari terbenam dipinggir pantai. pada pantai ini, kalian bisa jugan melihat pemandangan pulai kalimua yang berada ditengah pantai tanjung pendam. 


alamatnya: dikepulauan bangka belitung



DAFTAR PUSTAKA

[1.] [No Name] "pengertian pantai tanjung tinggi"

https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Tanjung_Tinggi

[2.] [Rudi] [Oktober 2019] "pengertian pantai pasir padi"

 https://www.nativeindonesia.com/pantai-pasir-padi/

[3.] [Tauhid] [Oktober 2019] "pantai tanjung pendam, pantai indah kota belitung"

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/pantai-tanjung-pendam-pantai-indah-di-pusat-kota-belitung

 

 

 

 

 

 

 

 


Post a Comment for "Wisata pantai terpopuler Kepulauan Bangka Belitung"